Kreator Digital Daerah Unjuk Gigi di Line Creativate 2016

Kompetisi kreatif digital “Line Creativate” kembali digelar untuk kedua kalinya sejak Oktober lalu. Hari ini, Jumat (18/11/2016), merupakan acara puncak di mana Line mengumumkan para pemenang kompetisi nasional tersebut.

Ada tiga kategori yang dilombakan, yakni Line Sticker (ilustrasi stiker), Line Webtoon (komik digital), dan Line Game (permainan mobile). Tak kurang dari 15.000 peserta yang mengikuti kompetisi dan cuma tiga orang untuk masing-masing kategori yang akhirnya menjadi pemenang.

Yang menarik, rata-rata pemenang justru merupakan kreator dari daerah luar Jakarta. Dari total sembilan pemenang, cuma dua yang berasal dari ibu kota.

Country Manager Line Indonesia, Ongki Kurniawan mengatakan, hal ini membuktikan bahwa talenta kreatif Tanah Air tak melulu terpusat di Jakarta.

“Justru kreator daerah banyak yang bagus-bagus. Mereka mengangkat budaya daerah masing-masing lewat karya kreatif,” kata dia di panggung acara di Atrium Mall Gandaria City, Jakarta, Jumat (18/11/2016).

Hal tersebut disepakati Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf. Line Creativate sendiri sejatinya merupakan program kolaborasi bersama Bekraf. Triawan mengatakan putra-putri daerah punya semangat kreasi yang tinggi dan perlu didorong perkembangannya.

“Ada tiga deputi Bekraf yang turut jadi juri. Kami lihat potensi anak muda daerah sangat baik. Makanya kami juga fasilitasi mereka dalam pendaftaran hak kekayaan intelektual (HKI) agar ke depan karya mereka lebih mudah dimonetisasi hingga ke kancah global,” ia menuturkan.

Termotivasi

Para pemenang Line Creativate mengaku semakin termotivasi untuk berkarya berkat program kolaborasi Line dan Bekraf tersebut. Dara Anita yang menyabet juara 1 lomba Line Game mengatakan, Line Creativate memacu kreativitasnya untuk bercerita soal kultur daerah asalnya, Yogyakarta.

“Di Yogyakarta sekarang semakin macet dan sesak turis. Game Becak Bang yang saya buat menceritakan fenomena itu. Pemain berperan sebagai turis yang terjebak macet dan kebelet pipis. Dia harus punya strategi untuk melawan macet hingga finish line-nya adalah toilet,” ia bercerita.

Dara menggodok Becak Bang sejak Agustus lalu. Sebelumnya, ia sudah pernah membuat dua game Android yang tersedia di toko aplikasi Google Play Store.

Sejalan dengan Dara, juara 1 lomba Line Sticker, Thoma Prayoga, membuat paket stiker yang terinspirasi dari kehidupan sehari-harinya sebagai karyawan. Ada stiker untuk mengungkapkan rasa senang saat gajian, malas gerak, hingga merajuk karena urusan kerjaan.

Thoma sendiri bukan kreator baru di platform Line. Sebelumnya, ia juga punta serial Webtoon bertajuk Ojek Story. Dari Webtoon itu, ia mengaku meraup pendapatan sekitar Rp 5 hingga Rp 10 juta per bulan.

“Sebelumnya saya di Webtoon tapi sekarang mau coba-coba bikin stiker dan ikut lomba ini,” kata pria 23 tahun lulusan ISI Yogyakarta tersebut.

Berikut daftar pemenang Line Creativate 2016 selengkapnya.

Line Sticker

Juara 1: Thoma Prayoga (Jakarta)
Juara 2: Edi Jatmiko (Yogyakarta)
Juara 3: Bangkit Myarso (Surabaya)

Line Game

Juara 1: Dara Anita (Yogyakarta)
Juara 2: Armandarius Darmadi (Surabaya)
Juara 3: Wilson Tjandra (Jakarta)

Line Webtoon

Juara 1: Anggoro Adhi Nugroho (Banjarnegara)
Juara 2: Aditiya Wahyu Budiawan (Klaten)
Juara 3: Wikan Narendra Bawon (Yogyakarta)

Masing-masing mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp 50 juta (Juara 1), Rp 30 juta (Juara 2), dan Rp 20 juta (Juara 3). Mereka juga dikontrak resmi oleh Line untuk program-program berikutnya.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s